Lapan dan BMKG Sinergikan Litbang
Penulis Berita: Humas/ZK, Fotografer: Tupimkol/Rangga, Tanggal: 19 May 2014

Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, kunjungi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk melakukan konsolidasi eksternal, Senin (19/5). Melalui kunjungan tersebut, Kepala Lapan berupaya mensinergikan kegiatan penelitian antar sesama instansi pemerintah.

Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya beserta Para Deputi, Sekertaris Utama, dan pejabat esselon II BMKG menerima Kepala Lapan beserta rombongan di gedung operasional utama BMKG Jakarta. Dalam acara tersebut, Andi menyatakan bahwa kunjungan ini mempererat kerja sama yang sudah ditandatangani pada tanggal 27 November 2013. Lebih lanjut, Andi mengharapkan BMKG dapat dilibatkan secara aktif dalam berbagai kegiatan penelitian yang dilakukan Lapan seperti peletakan sensor cuaca di roket Lapan.

Andi menambahkan bahwa kedua instansi perlu duduk bersama karena berbagai “PR” yang belum selesai seperti penelitian tsunami, ketahanan pangan, model iklim, cuaca penerbangan, dinamika atmosfer, el nino, gempa bumi, geomagnet, dan penginderaan jauh. BMKG juga menawarkan berbagai peralatan yang mereka miliki untuk dapat dimanfaatkan Lapan. Peralatan tersebut misalnya mobile radar yang bisa digunakan untuk mendeteksi jatuhnya roket serta data base BMKG untuk asimilasi pemodelan iklim dan geomagnet.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Lapan menjelaskan berbagai program penelitian seperti Sistim Peringatan Dini Bencana Berbasis Satelit (SADEWA), pemantauan gempa, ionosfer, pemodelan iklim, dan interpertasi data satelit, geomagnet. Di bidang penerbangan, Lapan memiliki Lapan Surveillance UAV (LSU-02) dan Lapan Surveillance Aircraft (LSA-01) yang dapat digunakan untuk pemantauan titik api di hutan dan sebaran asapnya. Kedua pesawat tersebut juga dapat digunakan untuk verifikasi dan validasi citra satelit, monitoring produksi pertanian, pemetaan banjir, search and rescue (SAR), pemantauan perbatasan dan kehutanan, serta pemetaan tata kota. Ia menambahkan pesawat LSU-02 juga dapat digunakan oleh BMKG untuk pemantauan cuaca maritim dan pelayaran.