Sekjen APSCO Kunjungi Lapan
Penulis Berita: Humas/Meg, Fotografer: Humas/Meg, Tanggal: 21 May 2014

Sekretaris Jenderal Asia-Pacific Space Cooperation Organization (APSCO), Celal Unver, berkunjung ke kantor pusat Lapan di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (21/5). Kunjungan ini bertujuan untuk membahas program-program keantariksaan yang dimiliki APSCO. Kunjungan tersebut disambut oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara, Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Kepala Pusat Teknologi Roket, Kepala Pusat Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, serta peneliti Lapan.

Dalam pertemuan tersebut, Unver Unver berharap, Indonesia dapat segera menjadi anggota dengan melakukan ratifikasi. Ia juga menjelaskan bahwa APSCO memiliki berbagai program keantariksaan misalnya observasi bumi dari antariksa. Observasi tersebut bermanfaat misalnya untuk bidang pertambangan dan pertanian. Unver mengatakan bahwa saat ini APSCO memiliki program untuk meningkatkan kegiatan berbagi data satelit di antara para anggotanya. Data sangat diperlukan karena kebutuhan setiap negara akan data tersebut berbeda-beda, misalnya Indonesia memerlukan data satelit untuk pemantauan banjir ataupun badai.

Unver memaparkan, di APSCO, negara yang lebih maju dalam teknologi tertentu terlebih maju diharapkan dapat memimpin proyek di bidang keahliannya tersebut. Dengan demikian, antar negara anggota akan berbagi pengetahuan.

Selain menjalankan program di bidang keantariksaan, APSCO juga memiliki program pengembangan sumber daya manusia. Unver menjelaskan organisasi ini mengupayakan adanya beasiswa untuk pendidikan pascasarjana dan pelatihan di bidang keantariksaan untuk para negara anggota.

APSCO merupakan organisasi kerja sama regional kawasan Asia-Pasifik di bidang keantariksaan untuk maksud-maksud damai. Unver menjelaskan, selama ini ruang lingkup kegiatan APSCO mencakup kebutuhan utama para negara anggota seperti penginderaan jauh, telekomunikasi, sistem informasi geografis, dan navigasi.