Indonesia dan Negara Asia-Pasifik Tingkatkan SDM Bidang Satelit
Penulis Berita: , Fotografer: , Tanggal: 24 Aug 2014

Berbagai negara saat ini sedang meningkatkan kemampuan di bidang teknologi keantariksaan. Untuk itulah, Lapan dan Asia-Pasific Space Cooperation Organization (APSCO) atau organisasi keantariksaan Asia-Pasifik akan menyelenggarakan International Training Course on Global Navigation Satellite System (GNSS) Technology and Its Applications. Kegiatan ini akan berlangsung pada 26 Agustus hingga 3 September 2014 di All Sedayu Kelapa Gading Hotel, Jakarta.

Pelatihan tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari negara anggota APSCO yaitu Bangladesh, Tiongkok, Iran, Mongolia, Pakistan, Peru, Thailand, dan Turki. Dari Indonesia, akan diwakili oleh Lapan, BIG, BMKG, Kementerian Perhubungan, UI, ITB, IPB, dan Kementerian Pertahanan.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan sumberdaya manusia negara-negara anggota APSCO di bidang Global Navigation Satellite System (GNSS) atau sistem navigasi satelit global beserta teknologi dan pemanfaatannya. Selain itu, pelatihan ini juga untuk memperkenalkan state-of-art dan tren masa depan teknologi GNSS, mempromosikan kemampuan dan teknologi inovatif dari GNSS dan pemanfaatannya, memperkenalkan bagaimana membangun aplikasi GNSS secara lengkap, mempromosikan kerjasama di bidang GNSS beserta teknologi dan pemanfaatannya dan sebagai wadah pertukaran ide dan keahlian antar peserta yang berasal dari perwakilan negara-negara anggota dan Indonesia.

Bagi Indonesia, kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pelatihan ini diharapkan akan membentuk cikal-bakal komunitas GNSS yang akan memanfaatkan teknologi kenavigasian untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia.

Pelatihan ini merupakan bentuk kerja sama dan partisipasi aktif Indonesia pada organisasi multilateral. Selain itu, pelatihan ini juga sebagai bentuk kontribusi aktif Indonesia sebagai negara penandatangan (Signatory Country) berdirinya APSCO.


Jakarta, 22 Agustus 2014

Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp. 081286287632)