Kunjungi LAPAN, Menristek Nasir Tekankan Stop Pemborosan APBN
Penulis Berita: Taufan Noor Ismailian, Fotografer: , Tanggal: 05 Nov 2014

Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) Mohamad Nasir mengunjungi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dalam kunjungannya tersebut, Nasir menekankan pentingnya menghentikan pemborosan APBN.

Nasir menjelaskan, pagu anggaran LAPAN pada tahun 2014 mencapai Rp 744 miliar. Menurutnya, Rp 744 miliar tersebut harus dapat diserap 100 persen sehingga dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat.

"Masalah Rp 744 miliar ini yang dianggarkan serapannya untuk rutin atau belanja modal, kalau rutin harus diperhatikan betul, kalau belanja modal pada sektor riil dalam negeri akan mendapat lompatan luar biasa," kata Nasir di Kantor LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (5/11/2014).

Guru Besar Undip ini menuturkan, di dalam kabinet kerja mencanangkan stop pemborosan. APBN harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

"APBN harus dimanfaatkan dengan baik, dimana di dalam penganggaran atau aktifitas yang memiliki nilai tambah kita harus gerakkan terus, kita eleminasi pengeluaran-pengeluaran biaya," jelasnya.

Sementara itu, pakar anggaran ini menilai kini perlu dievaluasi sistem penganggaran. Sehingga, ia menginginkan anggaran yang nantinya dikeluarkan memiliki nilai tambah.

"Ya kalau anggaran tidak memiliki nilai tambah, ya katakan rutin, pengeluaran rutin yang mana yang harus kita kurangi. Contoh perjalanan dinas, sebisa mungkin anggaran digunakan untuk yang lain supaya dananya bisa digunakan untuk pengembangan riset dan ilmu pengetahuan," terang Nasir.

Lanjutnya, ayah beranak empat ini mencoba untuk mengurangi kegiatan rapat kerja yang dilakukan oleh satuan kerja Kemenristek dan Dikti. "Itu kita berorientasi ke dalam, kita punya fasilitas yang luar biasa baik, daripada gunakan di hotel," pungkasnya.

Sumber :
http://news.detik.com/read/2014/11/05/121655/2739502/10/kunjungi-lapan-menristek-nasir-tekankan-stop-pemborosan-apbn