Lapan Luncurkan Roket RX 320
Penulis Berita: Humas/YD, Fotografer: Humas/YD, Tanggal: 20 Nov 2014

Lapan berhasil meluncurkan roket RX 320. Peluncurkan berlangsung di Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Garut, Rabu (19/11). Roket ini merupakan bagian dari program pengembangan roket peluncur satelit.

Roket RX 320 yang diluncurkan oleh LAPAN,diterbangkan dengan sudut kemiringan 70 derajat dan telah berhasil serta dapat memenuhi harapan. Roket diluncurkan dengan sudut kemiringan 70 derajat. Berdasarkan data perhitungan, roket dapat mencapai ketinggian 20 hingga 30 kolometer.

Roket RX 320 merupakan jenis roket sonda, yang biasa digunakan untuk misi penelitian seperti untuk mengetahui parameter atmosfer, kelembaban temperatur. Lapan saat ini berupaya menguasai teknologi peroketan dan melakukan pengembangan berbagai jenis roket yang lebih besar secara bertahap. Dengan keberhasilan peluncuran ini, Lapan diharapkan dapat membangun roket peluncur bermuatan satelit yang dapat diterbangkan hingga ketinggian orbit satelit.

Peluncuran roket ini dihadiri oleh Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan, Dr. Rika Andiarti, Direktur Topografi AD Brigjen, Dedi Hadria, serta pejabat struktural dan para peneliti Lapan.