Lapan Optimalkan Data Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi
Penulis Berita: R-15/L8, Fotografer: , Tanggal: 25 Nov 2014

[JAKARTA] Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berkomitmen untuk terus menyediakan data dan informasi penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan tata ruang wilayah dan kemaritiman.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti mengatakan Lapan terus mensosialisasikan Undang-Undang (UU) No 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan dimana pasal 15-23 UU itu menyebutkan tentang penginderaan jauh. Dalam pasal itu lanjutnya diatur seluruh kegiatan penyelenggaraan penginderaan jauh, siapa penyelenggaranya dan apa saja kegiatannya.

"Penyediaan data penginderaan jauh resolusi tinggi, resolusi spasialnya hingga di bawah empat meter. Lapan sejak tahun 1980an sudah melakukan penginderaan jauh untuk memantau sumber daya alam, lingkungan, kebencanaan dan harus diberikan gratis," katanya di sela-sela Lokakarya Peningkatan Peran Lapan dalam Penyediaan Data dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Tata Ruang dan Kemaritiman di Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta, Selasa (25/11).

Disadari lanjut Orbita penginderaan jauh satelit sangat penting bagi perencanaan pembangunan karena teknologi ini mampu merekam perubahan di suatu wilayah.

Data-data penginderaan jauh sangat bermanfaat untuk menyusun rencana tata ruang wilayah dan rencana detail tata ruang kabupaten dan kota. Bahkan penginderaan jauh menjadi salah satu data penting dalam penyusunaan rencana tata ruang tersebut.

Orbita menambahkan adanya arahan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) di masa pemerintah lalu, penyedian data citra satelit harus satu pintu untuk efisiensi anggaran bagi pemerintah daerah mendesak Lapan untuk terus mengoptimalisasi penyediaan citra satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi yang dimulai tahun 2013 lalu.

Sebelumnya Lapan pun sudah menyediakan data penginderaan jauh beresolusi rendah dan menengah. Penginderaan jauh resolusi tinggi sangat berguna untuk pembuatan kebijakan.

"Kita bangun infrastruktur untuk mendukung semua sektor yang membutuhkan dukungan data entah itu kehutanan, pertanian, kebencanaan dan atmosfer," ucapnya.

Untuk itu, Lapan pun terus bersinergi dengan Badan Informasi Geospasial sebagai penyedia informasi geospasial dasar dan Lapan data penginderaan jauh. [R-15/L-8]

Sumber :
http://sp.beritasatu.com/home/lapan-optimalkan-data-penginderaan-jauh-resolusi-tinggi/69869